Thursday, November 8, 2018

KUIS



PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA

DASAR-DASAR MULTIMEDIA
TANGGAL   :  9 NOVEMBER 2018
                                                        WAKTU    :  90 MENIT
KUIS
JELASKAN PERNYATAAN DI BAWAH INI
1. Keberadaan teks dalam media harus memiliki arti, baik berupa kata maupun kalimat, jadi kejelasan arti dan kepadatan kata menjadi pertimbangan utama pemakai elemen teks
2. Teks dalam bentuk kata, kalimat, dan paragraph digunakan untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan
3. Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi yang bersifat auditif sangat mendominasi kehidupan manusia. Demikian pula dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan komunikasi audio banyak dipergunakan.
4. Unsur audio dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi dengan cara menghadirkan theatre of mind agar isi materi pelajaran lebih dihayati oleh peserta didik.
5. Alasan menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks
6. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru dan lebih berguna
7. Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah dapat menjelaskan keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau kejadian.
8. Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya penyajian/penjelasan.
9. Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan di dalam aplikasi tersebut
10. Penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada pembelajaran.

JAWABAN SOAL UTS
Nama : Akhmad Santosa
NIM : 18862022
Prodi : Tekpen / IPI Garut

1. Teks merupakan elemen multimedia, penggunaan teks harus memiliki arti baik berupa kata atau pun kalimat artinya  susunan hurup yang membentuk kata dan kalimat harus dapat dapat dipahami dan dimengerti baik oleh si penulis maupun oleh sipenerima teks tersebut. Sehingga pesan yang di sampaikan dapat tersampaikan dengan benar. Kepadatan isi artinya setiap susunan kata yang tertulis harus dapat mengkomunikasikan ide ,pemikiran, dan fakta secara ringkas namun jelas. Karena sesuai dengan  pedoman umum dalam penggunaan teks dalam multimedia yaitu jadilah ringkas.
2. Teks dalam bentuk kata, kalimat, dan paragraph digunakan untuk mengkomunikasikan pikiran, ide, dan fakta di dalam hampir semua aspek kehidupan. Artinya dalam setiap aspek kehidupan  pada saat ini tidak pernah terlepas dari tulisan jadi teks yang berada dalam tulisan merupakan representasi dari pikiran , ide, dan fakta . Teks juga merupakan jenis komunikasi visual  yang digunakan manusia dalam kehidupan nya.
3. Dalam kehidupan sehari-hari komunikasi yang bersifat auditif sangat mendominasi kehidupan manusia. Demikian pula dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan komunikasi audio banyak dipergunakan. Karena beberapa alasan :
Media audio dapat membantu siswa agar dapat berfikir dengan baik, menumbuhkan daya ingat serta mempertajam pendengaran.
Pemanfaatan fungsi media audio dalam pengajaran terutama digunakan untuk:
a. pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian
b. mengikuti pengarahan
c. melatih daya analisis
d.menentukan arti dan konteks
e. memilah-milah informasi atau gagasan yang relevan
f. merangkum, mengemukakan, dan mengingat kembali informasi.
4. Unsur audio dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi dengan cara menghadirkan theatre of mind agar isi materi pelajaran lebih dihayati oleh peserta didik. Artinya Unsur audio merupakan sarana untuk menyampaikan informasi tentang esensi persoalan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan melalui multimedia pembelajaran. Selain itu, unsur audio juga merupakan unsur penarik perhatian siswa agar menyimak isi pesan yang dikomunikasikan. , unsur audio dapat dimanfaatkan untuk memperkaya imajinasi sehingga bisa menghadirkan theatre of mind pada diri siswa.
5. Alasan menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks.Sebab sebagian besar manusia bahkan hampir semua manusia selalu berorientasi terhadap visual. Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia. Selain itu Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
6. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru dan lebih berguna. Artinya gambar bisa mewakili seribu kata. Karena dengan gambar kata kata yang banyak dapat diringkas dan dapat dipahami.
7.  Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah dapat menjelaskan keadaan nyata dari suatu proses, fenomena, atau kejadian. Karena Video cocok untuk ‘menyajikan’ realitas dan animasi cocok untuk ‘menciptakan’ realitas dari sesuatu yang semu, sesuatu yang tidak mampu ditangkap oleh realitas dalam citra visual. Dengan memperhatikan karakteristik tersebut, semestinya akan terhindar dari penyajian animasi dan video demi sekedar ‘meramaikan’ tampilan tanpa pertimbangan fungsinya.
8.Kelebihan elemen video dalam multimedia adalah sebagai bagian terintegrasi dengan media lain seperti teks atau gambar, video dapat memperkaya penyajian/penjelasan. Keunggulan multimedia di dalam interaktivitas adalah media ini  mampu memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan materi baik secara fisik dan mental. Tentu saja kemampuan memaksa ini tergantung pada seberapa efektif instruksi pembelajaran mampu menarik pengguna untuk mencoba secara aktif pembelajaran yang disajikan.
9.Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan di dalam aplikasi tersebut.Maksudnya apabila aplikasi multimedia tersebut ingin menjelaskan proses suatu peristiwa yang kompleks misalkan  peristiwa alam seperti hujan, mungkin sulit untuk dipragakan atau dibuktikan secara nyata, maka dengan adanya animasi multimedia maka hal itu bisa digambarkan, dipaparkan dalam bentuk gambar bergerak yang seolah-olah hidup. Dengan kata lain dengan animasi hal hal yang sulit untuk dijelaskan karena terlalu kompleks atau sangat berbahaya jika mendekati objek nyatanya maka dengan  paparan animasi kesulitan tersebut akan dapat tergambarkan.
10. Penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada pembelajaran.
Animasi adalah penggambaran dinamis yang dapat digunakan untuk membuat proses perubahan menjadi jelas bagi pembelajar (Schnotz & Lowe, 2003).


Banyak pendidik yang percaya bahwa animasi adalah perangkat yang superior dibandingkan ilustrasi statik untuk pembelajaran aktif.

Untuk memahami situasi dinamis yang secara eksternal direpresentasikan oleh suatu grafik statik, pembelajar mestilah pertama-tama membangun sebuah gambaran model dinamis dari suatu informasi statik yang diberikan. Sebaliknya, animasi menawarkan kepada pembelajar suatu representasi dinamis yang jelas dari sebuah keadaan/situasi.

Di sisi lain, sifat sementara (transitory) dari tampilan dinamis dapat menyebabkan beban kognitif lebih tinggi, dikarenakan pembelajar memiliki kendali yang lebih rendah pada kecepatan pemrosesan informasi mereka.

Lowe (2003) dan Lewalter (2003) menunjukkan bahwa sekedar memberikan pembelajar informasi dinamis dalam bentuk yang jelas/eksplisit tidak selalu menghasilkan pembelajaran yang lebih baik.

Eksperimen yang melibatkan pelajar fisika, dilakukan oleh Lewalter (2003), menyelidiki efek penggunaan visual statik atau dinamik dalam suatu tampilan teks terhadap outcome pembelajaran. Dia menemukan bahwa, baik penambahan animasi maupun ilustrasi statis dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Dia tidak menemukan perbedaan antara penggunaan animasi dan ilustrasi statik dalam hal akuisisi pengetahuan tentang fakta-fakta tertentu. Dia juga menemukan hanya ada sedikit perbedaan yang kurang berarti berkaitan dengan pemahaman pengetahuan di kelompok pengguna animasi.

Kozma (2003) menemukan bahwa terkait penggunaan representasi semacam animasi dan potongan-potongan video eksperimen laboratorium kimia, membuat seorang ahli kimia dapat menggali informasi lebih banyak, tapi tidak bagi seorang pembelajar kimia pemula.

Lowe (2003) mendapati bahwa presentasi yang gamblang tentang suatu aspek dinamis dalam suatu konten di lingkungan pembelajaran berbasis/berorientasi multimedia tidak selalu memberikan dampak positif bagi pembelajaran. Dalam banyak kasus, penggunaan tampilan statis yang menyertakan tanda-tanda konvensional untuk gerakan, seperti tanda panah, atau penggunaan serangkaian gambar, sudah cukup untuk pembelajaran.

Sebagai kesimpulan, penggunaan animasi, visualisasi, eksperimen virtual dalam suatu pembelajaran aktif tidak menjamin efek positif pada pembelajaran. Guna meningkatkan pembelajaran, pendidik/instruktur mestilah memiliki rencana penggunaan gambar-gambar dan animasi berdasarkan prinsip-prinsip berikut :


1. Siswa belajar lebih banyak dari gambar-gambar dan kata-kata, dibandingkan dengan kata-kata saja
2. Gambar hanya memfasilitasi pembelajaran jika pembelajar memiliki pengetahuan yang sedikit dan jika subjek terkait divisualisasikan dengan cara yang tepat.
3. Animasi menjadi lebih efektif jika pembelajar dapat mengendalikan kecepatan dan arahnya, tapi walaupun ada suatu animasi yang memungkinkan kendali penuh bagi pengguna, penyertaan lebih banyak dukungan dan panduan mestilah dipertimbangkan jika ingin difungsikan sebagai perangkat yang efektif bagi pembelajaran.
4. Lebih jauh, ketika mengajarkan sains, tidaklah cukup untuk menampilkan eksperimen virtual. Pelajar mestilah berpartisipasi dalam sebuah eksperimen langsung.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.kompasiana.com/chatarinalia/5a773ee1bde57501be550894/teks-dalam-multimedia?page=all
https://busybuzzlightyear.wordpress.com/2014/03/12/teks-dan-hypertext/
http://bayumusty.blogspot.com/2013/02/media-audio-untuk-pembelajaran.html
https://ariasdimultimedia.wordpress.com/2008/02/12/panduan-pengembangan-multimedia-pembelajaran/
https://singampus.wordpress.com/2013/09/13/makalah-teks-gambar-dan-grafik/
http://teknologisederhana03.blogspot.com/2013/12/objek-objek-multimedia.html
http://mediadidik.blogspot.com/2011/03/pembelajaran-aktif-melalui-visualisasi.html
http://mediadidik.blogspot.com/2011/03/pembelajaran-aktif-melalui-visualisasi.html




No comments:

Post a Comment